MAKANAN YANG HARUS DIANJURKAN DAN DIHINDARI SAAT DATANG BULAN.

 Setiap wanita yang masih dalam usia produktif pasti mengalami haid. Namun, tahukah Anda bahwa saat sedang haid ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi dan ada juga yang harus dihindari?

Bagi sebagian wanita, mungkin tak jarang mengkonsumsi obat atau minuman tertentu ketika sedang haid untuk mengatasi rasa sakit. Padahal, tidak semua obat atau minuman tersebut dianjurkan. Nah, apa saja sih makanan yang baik dikonsumsi dan perlu dihindari saat haid?

Berikut ini merupakan makanan yang dianjurkan dan dihindari saat datang bulan adalah sebagai berikut : 


makanan yang harus dihindari saat datang bulan


Makanan Yang Dianjurkan Saat Datang Bulan.

Selain mengetahui makanan-makanan yang perlu dihindari saat sedang menstruasi, penting juga untuk mengetahui makanan apa saja yang baik dan dianjurkan dikonsumsi ketika sedang haid. Berikut ini merupakan makanan yang dianjurkan saat datang bulan sebagai berikut : 

1. Karbohidrat Kompleks.

Saat sedang Datang Bulan, maka anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat kompleks. Sayuran serta makanan yang terbuat dari gandum adalah makanan yang pas untuk Anda konsumsi.

2. Makanan Berkalsium Tinggi.

Setiap wanita memerlukan setidaknya 1.200 mg kalsium per harinya. Sehingga saat Anda sedang haid atau menstruasi maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar kalsium yang tinggi.

3. Makanan Bermagnesium.

Selain mengkonsumsi makanan karbohidrat kompleks dan berkalsium tinggi, Anda yang sedang haid juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi, seperti kacang, tahu, kacang tanah, serta minuman menggugurkan kandungan dan mempercepat haid, Dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut diyakini dapat mengurangi kembung saat haid.

4. Vitamin.

Saat sedang haid, maka sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi vitamin. Ada beberapa vitamin yang baik dikonsumsi ketika sedang haid, salah satunya yaitu vitamin E.

Anda bisa mendapatkan vitamin E dari buah alpukat atau kuning telur. Fungsi vitamin E ini yaitu membantu menghilangkan beberapa gejala PMS.

Selain vitamin E, Anda juga memerlukan vitamin C serta seng yang membantu menjaga kesehatan sel telur dan sistem reproduksi. Untuk mendapatkan vitamin C, Anda bisa mengkonsumsi buah jeruk dan strawberry.

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menstruasi.

1. Makanan Manis.

Saat sedang menstruasi, Anda perlu menghindari makanan yang manis. Pasalnya makanan yang terlalu manis akan memicu tubuh menjadi mudah lelah dan mudah lapar, sehingga berat badan bertambah ketika sedang PMS.

Sebenarnya tidak salah mengkonsumsi makanan manis, hanya saja jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

2. Cokelat.

Kebanyakan orang percaya bahwa coklat akan membuat kita senang saat dikonsumsi. Padahal terlalu banyak mengkonsumsi coklat akan berdampak buruk bagi kesehatan bahkan berdampak buruk untuk kehamilan.

Coklat memiliki kandungan kafein yang cukup berbahaya bagi kesehatan dan kesuburan. Jika terlalu banyak mengkonsumsi coklat maka akan memicu terjadinya gangguan pada kesuburan serta datang bulan tidak teratur.

3. Kopi dan Soft Drink.

Kopi dan soft drink dipercaya dapat meningkatkan energi sehingga dapat menghilangkan rasa sakit saat menstruasi yang berlangsungnya cara menggugurkan kandungan 100% berhasil, Padahal kandungan yang terdapat di dalam kedua minuman tersebut tidak baik bagi kesehatan organ reproduksi serta kesuburan wanita.

4. Junk Food.

Tingginya kalori serta kadar garam akan menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Selain memicu penambahan berat badan, makanan ini juga memicu peningkatan kadar LDL (kolesterol jahat).

Terlebih lagi, junk food ini mengandung kadar kolesterol yang tinggi, yang dapat mempengaruhi kesuburan kandungan.

BACA JUGA : JAMU TELAT DATANG BULAN SIDOMUNCUL.

5. Nanas.

Mengonsumsi buah nanas saat hamil dipercaya dapat menginduksi terjadinya persalinan. Itulah sebabnya mengonsumsi buah nanas tidak disarankan bagi wanita yang sedang hamil muda.
 
Namun menurut penelitian yang dilakukan pada 2009, yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice, jumlah bromelain dalam nanas tidak sekuat apa yang dibayangkan.
 
Dilansir dari Today’s Parent, kandungan bromelain pada nanas yang juga ditemukan dalam papaya dapat berfungsi untuk melunakkan jaringan ikat pada serviks. Sehingga bisa memicu terjadinya persalinan. Namun untuk bisa memicu kontraksi persalinan, Anda perlu mengonsumsi tujuh buah nanas.

Postingan populer dari blog ini

REVIEW OBAT PELANCAR HAID.

TANDA-TANDA GEJALA MENSTRUASI DAN TANDA AWAL KEHAMILAN.

CARA MEMPERCEPAT HAID YANG TERLAMBAT.