REVIEW OBAT PELANCAR HAID.

Siklus menstruasi adalah faktor penting dalam menentukan kapan seorang perempuan sedang dalam masa subur datang bulan. Bagi pasangan yang sedang berupaya mendapat keturunan, tentu hal ini sangat menentukan. Terkadang, dokter akan meresepkan obat pelancar haid untuk membantu melancarkan siklus menstruasi.

Perlu diingat pula bahwa siklus haid setiap perempuan pasti berbeda antara satu dan lainnya. Ada yang memiliki siklus lancar dan teratur antara 24-38 hari setiap bulannya.
Namun, ada juga yang siklus haidnya tidak bisa diprediksi. Pada beberapa kondisi, lamanya menstruasi yang umumnya sekitar 5-7 hari juga bisa tidak beraturan. Bisa hanya 3 hari, bisa juga lama hingga 2 minggu. Kemudian, apa sajakah obat pelancar haid yang aman dikonsumsi
Simak Review Obat Pelancar Haid yang perlu diperhatikan dan dikonsumsi adalah sebagai berikut : 

Berbagai jenis obat pelancar haid.

Review obat pelancar haid


Dokter hanya akan meresepkan obat pelancar haid jika dirasa benar-benar perlu. Kondisi tersebut haruslah seorang perempuan yang siklus haidnya berantakan dan mengganggu hal lain, seperti kesuburan.

Obat pelancar haid bekerja dengan merangsang tubuh untuk melepaskan hormon-hormon yang memancing terjadinya pembuahan saat sel telur siap keluar dari ovarium.
Bagi mereka yang menjalani prosedur alternatif untuk melahirkan, seperti bayi tabung, obat pelancar haid juga penting sebagai bagian dari pengobatan.

Beberapa ini merupakan Review obat pelancar haid yang biasa diresepkan dokter adalah:

1. Chlomiphene (Klomifen)

Sudah lebih dari 4 dekade clomiphene citrate digunakan sebagai obat pelancar haid. Biasanya dokter akan meresepkan obat pelancar haid untuk perempuan yang jadwal ovulasinya tidak teratur.
Obat pelancar haid satu ini bekerja dengan mengurangi hormon estrogen dalam tubuh. Clomiphene merangsang kelenjar pituitari dan hipotalamus di otak untuk memproduksi gonadotropin-releasin hormone (GnRH), obat aborsi paling manjur, follicle-stimulating hormone (FSH), dan luteinizing hormone (LH).
Hormon-hormon ini memicu ovarium untuk memproduksi sel telur. Biasanya, obat pelancar haid ini dikonsumsi bersamaan dengan prosedur kehamilan, seperti inseminasi buatan.

2. Injeksi hormon

Ketika Clomid tidak membawa hasil yang diharapkan, alternatif obat pelancar haid berikutnya adalah injeksi hormon. Lagi-lagi tujuannya sama, yakni memancing ovulasi. Beberapa tipe injeksi hormon di antaranya:
  • Human chorionic gonadotropin (hCG): Novarel, Ovidrel, Pregnyl, Profasi (digunakan bersama dengan obat penyubur lain untuk merangsang ovarium menghasilkan sel telur)
  • Follicle-stimulating hormone (FSH): Bravelle, Fertinex, Follistim, dan Gonal-F (memancing pertumbuhan sel telur di ovarium)
  • Human menopausal gonadotropin (hMG): Menopur, Metrodin, Pergonal, Repronex (mengendalikan hormon, seperti luteinizing hormone dan follicle-stimulating hormone)
  • Gonadotropin-releasing hormone (GnRH): Factrel, Lutrepulse (merangsang produksi FSH dan LH dari kelenjar pituitari namun lebih jarang diresepkan)
  • Gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH agonist): Lupron, Synarel, Zoladex
  • Gonadotropin-releasing hormone antagonist (GnRH antagonist): Antagon, Cetrotide
Jenis-jenis hormon sebagai obat pelancar haid ini diberikan dalam bentuk suntikan. Dosisnya bergantung kepada kondisi medis setiap orang. Biasanya dokter akan memberikan suntikan hormon ini pada hari ke-2 atau ke-3 setelah haid dimulai.

3. Pil hormonal

Salah satu terapi yang bisa menjadi obat pelancar haid adalah pil hormonal. Dokter akan meresepkan pil yang mengandung hormon estrogen serta progesteron untuk mengatasi siklus haid yang tidak teratur.
Obat yang umum diresepkan adalah progestin yang membantu terjadinya haid pada mereka yang tidak kunjung mendapatkannya.

Penyebab siklus haid tak lancar.

Ada banyak faktor yang menyebabkan siklus haid tidak lancar. Perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron dapat mengganggu siklus normal haid seseorang. Itulah mengapa siklus haid tak teratur kerap terjadi pada perempuan yang sedang di fase pubertas atau yang akan menopause.
Penyebab lain siklus haid tak lancar di antaranya:
  1. Menggunakan alat kontrasepsi intrauterine device (IUD)
  2. Mengkonsumsi obat tertentu atau berganti pil kontrasepsi
  3. Olahraga berlebihan
  4. Perubahan berat badan
  5. Sindrom ovarium polikistik atau PCOS
  6. Hamil
  7. Menyusui
  8. Stres
  9. Kelebihan atau kekurangan hormon tiroid
  10. Penebalan polip di dinding rahim
  11. Penyakit fibroid rahim.
Tentu bukan berarti setiap kali siklus haid meleset berarti seorang perempuan memiliki penyakit tertentu. Ada banyak faktor eksternal juga yang berpengaruh terhadap siklus ini.
Jika kondisi ini dirasa cukup mengganggu, tak ada salahnya berkonsultasi kepada dokter. Biasanya, dokter akan meresepkan obat pelancar haid.

BACA JUGA : PENYEBAB TELAT HAID PADA WANITA.

Efek samping obat pelancar haid.

Memutuskan untuk mengkonsumsi obat pelancar haid harus dipikir matang-matang. Jika memang tujuannya untuk memiliki keturunan, sejumlah obat pelancar haid bisa sangat membantu menentukan kapan seorang perempuan dalam masa paling subur.
Namun perlu diingat, akan ada beberapa efek samping dari mengkonsumsi obat pelancar haid, seperti:
  • Perubahan mood, seperti mudah cemas, depresi, dan mood berantakan.
  • Mual dan muntah.
  • Kram perut.
  • Payudara terasa tidak nyaman.
  • Risiko keguguran.
Beberapa faktor yang bisa membantu menentukan apakah seorang perempuan memerlukan obat pelancar haid paling ampuh atau tidak di antaranya:
  • Dalam setahun, haid tidak terjadi hingga 3 bulan
  • Haid kembali datang setiap 21 hari
  • Haid kembali datang setelah 35 hari
  • Darah haid tidak normal (terlalu banyak)
  • Periode haid lebih lama dari 7 hari
  • Rasa nyeri luar biasa ketika haid
Terkadang siklus haid berantakan bisa menyebabkan stres pada seseorang. Mengubah gaya hidup lebih sehat dengan rajin berolahraga ringan dan mengonsumsi makanan bergizi juga bisa menjadi pilihan alami untuk mengobati siklus menstruasi tidak teratur sebelum mengonsumsi obat pelancar haid.

Postingan populer dari blog ini

TANDA-TANDA GEJALA MENSTRUASI DAN TANDA AWAL KEHAMILAN.

CARA MEMPERCEPAT HAID YANG TERLAMBAT.