PENYEBAB TELAT HAID SELAIN HAMIL DAN SOLUSINYA.

 Terlambat datang bulan atau haid sering dikaitkan dengan kehamilan, khususnya pada wanita yang masih single bahkan yang sudah menikah. Padahal, telat datang bulan bisa disebabkan berbagai hal dan bahkan bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang serius. 

Normalnya, siklus menstruasi sekitar kurang lebih 21-35 hari. Kenyataannya periode tersebut tidak berlaku pada sebagian wanita.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab haid telat yang sering terjadi?

Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bagi yang masih single atau belum menikah, penyebab sering telat haid bisa karena terlalu lelah dan mudah capek, Contohnya seperti : belajar terlalu keras bagi yang masih sekolah atau kuliah, atau berolahraga kelewat berat, banyak aktivitas dan lain sebagainya.

Belum seimbangnya hormon dalam tubuh juga bisa menyebabkan remaja telat datang bulan. Fenomena remaja telat datang bulan memang sering terjadi.

Terlambat haid lebih sering dialami mereka yang masih gadis, karena pola ovulasinya belum teratur. Hanya saja, kalau sudah terbiasa haid teratur kemudian terlambat cukup lama, apa yang menjadi penyebabnya?

Penyebab Telat Haid Selain Hamil Dan Solusinya

1. Perubahan berat badan ekstrim, Berat badan naik atau turun secara drastis dapat menyebabkan hormon tidak stabil. Ketidakstabilan hormon ini dapat membuat wanita terlambat datang haid atau tidak haid sama sekali. Namun, umumnya perubahan siklus menstruasi tersebut tidak menetap dan bisa kembali normal seiring stabilnya kadar hormon pada wanita tersebut.

2. Olahraga berlebihan, Olahraga yang berlebihan misalkan latihan maraton atau triathlon dapat memicu stres fisik. Kondisi ini juga dapat mengganggu keseimbangan hormon yang mengendalikan menstruasi yang akan datang. Jika Anda merasa latihan fisik atau sesi olahraga terlalu berat, coba konsultasikan melalui resep dokter Anda.

3. Stres, Kondisi stres yang ekstrem misalkan karena perceraian, kematian, atau bencana dapat mengganggu keseimbangan hormon. Stres dapat menyebabkan haid wanita terlambat, tidak teratur, atau disertai nyeri dan rasa tidak nyaman yang hebat. Kondisi ini dikenal sebagai hipotalamus amenore. Sebagai informasi, hipotalamus atau area yang mengendalikan hormon menstruasi sangat banyak dipengaruhi stres.

4. Aktivitas Fisik yang Berat, Nggak hanya stres, tapi kelelahan akibat aktivitas fisik yang berat juga bisa jadi alasan menstruasi datang terlambat. Sebab bisa mempengaruhi produksi hormon estrogen dan progesteron yang mana jadi tidak seimbang, hal tersebut memicu terhambatnya datang bulan.

5. Sindrom ovarium polikistik (PCOS), Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kondisi medis yang disebabkan ketidakseimbangan hormon reproduksi. Gejala PCOS adalah menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut berlebihan di area kemaluan yang tidak semestinya, muncul kista pada ovarium, dan infertilitas. Penderita PCOS biasanya mengalami haid setiap dua minggu, atau bisa setiap tiga bulan bahkan hanya setahun sekali.

6. Obat pengontrol kehamilan, Efek samping mengkonsumsi obat KB adalah membuat hormon estrogen jadi rendah. Kondisi ini terkadang membuat haid terlambat atau tidak menstruasi sama sekali. Beberapa keluhan efek samping obat KB ini banyak dilaporkan dari IUD hormonal, implan, atau KB suntik. Jika Anda sudah berhenti menggunakan obat pengontrol kehamilan, siklus haid butuh satu hingga tiga bulan untuk kembali normal.

BACA JUGA : JAMU TELAT DATANG BULAN DI INDOMARET.

7. Disfungsi tiroid, Kelenjar tiroid yang terletak di leher, mengatur kinerja metabolisme tubuh. Kelenjar tiroid yang tidak aktif atau terlalu aktif dapat memengaruhi produksi hormon dan berimbas pada haid. Gangguan hormonal dapat menyebabkan penyakit diabetes, sel telur gagal matang, sampai menurunkan produksi hormon yang menunjang kinerja organ reproduksi. Disfungsi tiroid ini bisa ditandai gejala kelelahan serta berat badan naik atau turun secara drastis. Untuk memastikan kesehatan kelenjar tiroid, dokter akan melakukan pemeriksaan lewat tes darah. 

8. Efek samping obat, Penggunaan beberapa jenis obat juga dapat berimbas pada siklus menstruasi. Beberapa obat yang dapat menyebabkan haid terlambat diantaranya obat anti nyeri, obat untuk mencegah pembekuan darah, obat pelancar haid cytotec sampai ibuprofen.

9. Penyakit radang panggul, Penyakit peradangan pada rahim, indung telur, atau saluran tuba bisa menyebabkan haid tidak teratur atau terlambat. Penyakit ini biasanya disebabkan infeksi klamidia atau gonore yang tidak diobati.

10. Merokok, Kata siapa rokok cuma menyebabkan penyakit kronis, gangguan kesehatan, kanker tenggorokan? Merokok juga bisa menyebabkan gangguan pada menstruasi wanita yang merokok. Sebab, zat-zat yang terkandung dalam rokok, seperti nikotin bisa mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi datang bulan.

11. Fibroid, uterus Fibroid uterus adalah pertumbuhan sel tidak normal di rahim. Kondisi ini menyebabkan haid bisa sangat nyeri atau haid lama dan tidak teratur. Selain terlambat haid, gejala lain fibroid uterus adalah nyeri panggul, sering buang air kecil, dan sembelit.

12. Menopause dini, Saat wanita di bawah usia 40 tahun tidak memiliki hormon yang memadai, mereka bisa mengalami menopause dini. Selain sering terlambat haid, gejala lain menopause dini di antaranya berkeringat di malam hari dan vagina terasa kering. Jika Anda terlambat haid atau tidak haid tiga bulan berturut-turut padahal tidak hamil, adabaiknya Anda berkonsultasi melalui resep dokter anda.

Cara Mempercepat Haid Paling Ampuh.

Ada banyak hal yang membuat seorang wanita ingin agar datang bulan yang teratu bahkan lebih cepat karena tak tahan sakit saat mengeluarkan darah. Anda mungkin harus menghadiri acara penting, sudah merencanakan perjalanan liburan, hendak mengikuti pertandingan renang, ingin menunaikan ibadah umrah, atau karena memang sudah telat datang bulan.Baik dengan obat maupun secara alami, berikut ini adalah cara mempercepat haid paling ampuh yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut :

Obat Pelancar Haid Paling Ampuh.


Pada artikel ini, kami melihat beberapa metode yang dapat dicoba untuk menyebabkan menstruasi. Kami juga membahas metode mana yang tidak memiliki dukungan ilmiah dan kemungkinan risiko, Satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk mengubah siklus masa subur haid adalah dengan menggunakan kontrasepsi hormonal. Namun, diet, olahraga, dan pengurangan stres juga dapat membantu mempercepat haid.

Misoprostol juga mempunya berbagai merk dagang: Cytotec, Cyprostol, Mibetec, Misotrol, Prostokos, Noprostol. Di Indonesia, merk dagang yang biasanya tersedia adalah Gastrul, Misotab, dan Chromalux. Fungsi Misoprostol adalah merangsang kontraksi yang akan membantu keluarnya produk kehamilan dari dalam rahim.

Postingan populer dari blog ini

REVIEW OBAT PELANCAR HAID.

TANDA-TANDA GEJALA MENSTRUASI DAN TANDA AWAL KEHAMILAN.

CARA MEMPERCEPAT HAID YANG TERLAMBAT.