TANDA-TANDA AWAL KEHAMILAN YANG MUDAH DIKETAHUI.

Wanita seringkali merasa bingung untuk mengenai tanda-tanda kehamilan yang terjadi pada dirinya. Tak sedikit wanita yang tidak menyadari bahwa dia mengalami haid tidak teratur bahkan telah memasuki masa kehamilan. Hal ini dikarenakan tanda-tanda kehamilan yang tidak pasti dirasakan oleh semua wanita. Tergantung dari tingkat kepekaan wanita itu sendiri. Itulah yang menyebabkan kehamilan sulit terdeteksi di awal masanya.

Meski begitu, wanita yang sedang hamil juga masih memiliki tanda-tandanya tersendiri yang sedikit berbeda dibandingkan pada saat wanita mengalami PMS (Pre-Menstrual Syndrome) atau datang bulan tidak lancar. Ya, memang tanda-tanda awal kehamilan seorang wanita hampir sama seperti gejala yang dialami ketika menjelang masa menstruasi.

TANDA TANDA KEHAMILAN YANG MUDAH DIKTAHUI


TANDA-TANDA AWAL KEHAMILAN.


Perlu diperhatikan sebelumnya bahwa tanda-tanda yang disebutkan pada artikel ini tidak bersifat paten pada seorang wanita yang sedang mengalami datang bulan tidak teratur untuk segera diperiksakan melalui resep dokter langganan anda untuk mengetahui gejala awal kehamilan atau tidak.

Setiap wanita dapat memperlihatkan tanda yang berbeda-beda saat awal kehamilan, Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya Anda dapat menyimak tanda-tanda awal kehamilan yang mudah diketahui oleh setiap orang sebagai berikut : 


Pendarahan Implantasi.


Pendarahan implantasi merupakan pendarahan yang diakibatkan proses menempelnya sel telur yang dibuahi di dinding rahim. Pendarahan yang dimaksud bukan sama seperti darah saat datang bulan yang cenderung mengeluarkan banyak darah saat menstruasi. Pendarahan implantasi jumlahnya cenderung lebih sedikit dari darah menstruasi, sehingga dapat dikatakan hanya berupa flek saja.

Pendarahan implantasi atau implantation bleeding ini selain ditandai dengan pendarahan minor, hal lain yang membedakannya dengan darah menstruasi adalah jangka waktunya. Biasanya pada saat datang bulan yang terjadi kurang lebih satu minggu untuk mengeluarkan darah menstruasi, Namun implantation bleeding ini terjadi tidak dalam hitungan hari melainkan hitungan jam.

Perlu diketahui bahwa pada saat pendarahan implantasi, darah yang dikeluarkan adalah jenis darah yang segar. Bukan jenis darah yang berwarna kecoklatan atau darah yang kotor akibat sisa dari darah menstruasi yang belum pernah dikeluarkan. Hal ini merupakan tanda yang mudah dikenali untuk membedakan antara pendarahan implantasi dan pendarahan menstruasi.

Pendarahan implantasi ini biasanya terjadi sekitar 7 sampai 10 hari pasca ovulasi. Atau juga dapat dikatakan sekitar satu minggu sebelum hari jatuh tempo saat datang bulan berikutnya. Beberapa wanita juga tidak mengalami pendarahan implantasi pada masa awal kehamilannya karena tidak mau hamil lagi ada obat mencegah kehamilan paling ampuh. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua wanita mengalami pendarahan implantasi ini.

Kenaikan Suhu Basal Tubuh.


Perlu diketahui bahwa suhu basal seorang wanita akan meningkat pada saat ovulasi dan akan menurun kembali saat menjelang menstruasi. Namun jika terjadi pembuahan terjadi kehamilan, biasanya suhu basal ini akan tetap naik sehingga badan akan merasa hangat daripada biasanya.

Bagi wanita yang peka terhadap perubahan suhu tubuhnya biasanya akan menyadari perubahan ini. Suhu tubuh yang meningkat juga masih berada pada batas normal bukannya panas tubuh yang berlebihan. Sehingga bagi yang sedang mengalami masa awal kehamilan tak perlu merasa khawatir akibat peningkatan suhu tubuh ini.

Sama seperti yang Dikatakan sebelumnya bahwa tanda awal kehamilan ini tidak selalu diperlihatkan  oleh semua wanita. Hal tersebut masih bergantung pada tingkat kepekaan dari wanita itu sendiri. Maka bagi wanita yang lebih sensitif dalam mengenali tanda awal kehamilan ini, akan lebih mudah dalam memprediksi awal kehamilannya.

Mudah Lelah Tanpa Alasan.


Walaupun seorang wanita yang hamil tidak memiliki jadwal kegiatan yang begitu padat, ia akan mudah merasa lelah tanpa alasan yang jelas. Hal ini diakibatkan tubuh yang masih dalam proses adaptasi dalam masa kehamilan. Tanda-tanda awal dari kehamilan juga ditandai dengan keadaan tubuh yang mudah lelah dari biasanya.

Rasa mudah mengantuk juga merupakan salah satu tanda kelelahan yang dapat terjadi ketika memasuki masa kehamilan. Tubuh seorang wanita yang sedang menjalani masa awal kehamilan akan memerlukan banyak istirahat dibandingkan biasanya. Karena seperti yang diutarakan sebelumnya, tubuh membutuhkan adaptasi dan persiapan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin selanjutnya.

Namun perlu diperhatikan terlebih dahulu bahwa tanda kehamilan yang satu ini perlu disertai oleh tanda-tanda kehamilan yang lain agar dapat dipastikan kebenarannya. Seperti rasa mual dan muntah, pendarahan implantasi, rasa nyeri di bagian perut ataupun payudara, dan lain sebagainya. Karena apabila mudah kelelahan saja tidak cukup untuk mendeteksi awal kehamilan atau disebabkan masa menstruasi tidak teratur.

Tidak semua wanita yang mudah kelelahan disebabkan oleh awal kehamilan, melainkan juga bisa terjadi karena faktor-faktor lain seperti haid tidak lancar, kegiatan yang berat, makanan yang dikonsumsi, kualitas tidur, dan masih banyak lainnya. Maka jangan mudah beranggapan kalau wanita yang mudah kelelahan adalah tanda bahwa dia sedang hamil. Anda perlu berkonsultasi melalui resep dokter anda serta dipastikan dengan hati-hati.

Nyeri di Area Payudara atau Perut.


Nyeri di daerah payudara atau perut kerap kali terjadi pada wanita yang sedang menjalani awal kehamilan. Hal ini dikarenakan saat kondisi hamil, tubuh wanita akan merasa lebih sensitif dari biasanya. Rasa nyeri yang terjadi di sekitar payudara dan perut itulah yang menjadi akibat dari kondisi tubuh yang sensitif tersebut.

Selain itu, perlu diketahui bahwa wanita yang sedang mengalami kehamilan juga akan mengalami perubahan di daerah payudara. Yaitu ditandai dengan puting payudara yang semakin melebar dan berwarna lebih gelap dari biasanya. Wanita yang memiliki kepekaan juga pasti akan menyadari perubahan satu ini.

Anda tak perlu khawatir dengan perubahan seperti ini, karena hal tersebut wajar terjadi ketika sedang menjalani masa awal kehamilan. Puting yang menggelap dan melebar merupakan bentuk persiapan tubuh dalam proses kehamilan selanjutnya. Semakin tua usia kehamilan maka payudara juga semakin membesar untuk mempersiapkan produksi ASI untuk bayi yang diidamkannya.

Merasa Mual atau Morning Sickness.


Morning sickness atau rasa mual dapat terjadi pada wanita yang hamil satu minggu sebelum telat haid. Hal ini disebabkan efek yang terjadi ketika sel telur yang mengalami implantasi di dinding rahim seorang wanita akibat pembuahan sel sperma masuk kedalam kemaluan wanita.

Perlu Anda ketahui bahwa apabila sel telur menempel ke dinding rahim, tubuh akan otomatis memproduksi hormon kehamilan. Efek dari meningkatnya hormon kehamilan itulah yang menjadikan seorang wanita merasakan mual atau morning sickness.

Selain itu, wanita yang mengalami morning sickness juga akan merasakan sensasi nyeri pada dada, lidah yang terasa asam karena asam lambung yang naik, dan peka terhadap aroma atau bau-bauan. Hal ini terjadi sekitar satu minggu sebelum telat haid. Tanda yang satu ini sangat mudah sekali untuk diketahui dan umum terjadi pada seorang wanita yang sedang hamil.

Mengalami Sembelit atau Konstipasi.


Perubahan hormon yang terjadi saat hamil akan cenderung menyebabkan sistem pencernaan melambat sehingga menjadikan wanita merasakan sembelit atau konstipasi.  Hal ini wajar terjadi karena diakibatkan dari perubahan hormon yang dihasilkan oleh tubuh.

Permasalahan sembelit atau konstipasi yang diakibatkan oleh hormon kehamilan ini tidak perlu diredakan menggunakan obat konstipasi pada umumnya. Perlu diketahui bahwa wanita yang sedang hamil akan mudah merasakan sembelit atau konstipasi.

Karena penyebabnya pun diakibatkan oleh hormon kehamilan seorang wanita. Bukan diakibatkan oleh masalah pencernaan pada umumnya. Sebaiknya hindari minum obat yang tidak diperlukan saat masa kehamilan seperti menggantikan cara menggugurkan kandungan dan mempercepat haid.

Mood yang Mudah Berubah.


Bagi sebagian orang wanita pada masa kehamilan akan merasa terlalu sensitif terhadap apa yang dirasakan. Mereka memang akan menunjukkan perubahan mood yang tidak stabil daripada biasanya. Perubahan mood rasa senang ke sedih ataupun sebaliknya sangat mungkin terjadi pada jangka waktu yang berdekatan.

Tanda awal dari kehamilan seringkali hampir sama dengan hal dirasakan wanita pada saat masa menstruasi yang tidak teratur, salah satunya adalah dengan gejala mood yang mudah berubah atau seringkali disebut dengan mood swing. Hal ini dapat terjadi karena perubahan kadar hormon yang masih belum stabil saat masa awal kehamilan.

Namun juga terdapat sebagian wanita yang tidak merasakan mood swing yang berlebihan. Mereka cenderung memiliki mood yang stabil walaupun saat masa awal kehamilan. Semuanya tergantung dari bagaimana kepekaan seorang wanita tersebut.

Perut Bagian Bawah yang Terasa Kram.


Saat sel telur mulai menempel pada dinding rahim, hormon kehamilan akan menjadikan dinding rahim menebal. Penebalan dari dinding rahim inilah yang menyebabkan wanita merasakan sensasi kram perut seperti ketika memasuki datang bulan. Hal ini dapat terjadi sekitar satu minggu sebelum datangnya hari telat haid.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa tanda awal kehamilan hampir sama saat wanita mengalami PMS (Pre-Menstruasi Syndrome). Salah satunya adalah sensasi rasa kram pada perut bagian bawah. Hal ini umum terjadi pada saat sel telur yang mulai menempel pada dinding rahim atau juga dapat disebut dengan tahap implantasi.

Vagina Mengeluarkan Cairan Putih Kental.


Sama seperti keputihan yang mungkin terjadi pada saat wanita menstruasi, tanda awal dari kehamilan juga dapat berupa munculnya keputihan sebelum jatuh tempo telat haid. Keputihan yang dimaksud sedikit berbeda dengan keputihan yang terjadi sebelum menstruasi. Oleh karena itu, seorang wanita perlu mengetahui perbedaannya dengan menggunakan metode obat pelancar haid paling ampuh.

Keputihan yang muncul sebelum datangnya menstruasi ditandai dengan warna yang tidak terlalu keruh dan juga mengeluarkan bau yang khas saat datang bulan. Sedangkan keputihan yang terjadi akibat kehamilan ditandai dengan warna keputihan yang seperti putih susu dan biasanya tidak berbau. Tanda ini dapat mudah Anda kenali gejala awal kehamilan.

Keputihan pada masa awal kehamilan terjadi akibat dari penebalan dinding rahim seorang wanita. Penebalan dinding rahim ini dimaksudkan agar proses implantasi atau menempelnya sel telur ke dinding rahim dapat terjadi hingga dapat berkembang menjadi janin di kandungan.

Punggung yang Terasa Lebih Pegal.


Jika wanita tetap melakukan aktivitas berat melebihi biasanya, dikhawatirkan akan membahayakan perkembangan janin yang tidak optimal. Selain itu bagi wanita yang mengandung juga dikhawatirkan akan jatuh pingsan akibat kelelahan. Istirahatkan badan apabila tubuh merasa sudah cukup lelah. Hal ini tentunya patut untuk diperhatikan bagi wanita yang sedang hamil.

Pada wanita yang mengalami masa awal kehamilan wajar apabila merasakan sensasi pegal pada bagian punggung. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang masih pada tahap adaptasi terhadap perkembangan janin yang ada di dalam rahim. Area punggung juga akan lebih sensitif sama dengan rasa sensitif sekitar area perut dan payudara.

Perlu diperhatikan bahwa punggung yang terasa pegal pada wanita yang hamil ini dapat terjadi secara berkepanjangan walaupun tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Oleh karena itu disarankan bagi Anda yang sedang menjalani masa awal kehamilan untuk beristirahat dengan cukup agar rasa pegal yang dirasakan tidak semakin kuat.

Itulah tanda-tanda awal kehamilan yang mudah untuk dikenali. Namun hal-hal tersebut tidak dapat dijadikan patokan sebuah kehamilan karena juga terdapat kemungkinan lain yang  dapat terjadi akibat kondisi medis lainnya. Untuk kepastiannya Anda dapat mencoba berkonsultasi melalui resep dokter atau Anda juga dapat melakukan uji dengan test pack sekitar 2 minggu setelah telat haid. Semoga bermanfaat.


Postingan populer dari blog ini

REVIEW OBAT PELANCAR HAID.

TANDA-TANDA GEJALA MENSTRUASI DAN TANDA AWAL KEHAMILAN.

CARA MEMPERCEPAT HAID YANG TERLAMBAT.